6 Bulan di Indonesia

6 Bulan di Indonesia...........

Memasuki bulan ke- 6 saya kembali ke Indonesia setelah 4,5 tahun di Jerman dengan 3 tahun menempuh pendidikan, tidak terasa.....6 bulan di Indonesia banyak sekali yang perlu saya ceritakan, mendapat kehidupan baru, pengalaman baru, dan semua yang serba baru dan pertama kalinya.

6 bulan di Indonesia bukan waktu yang sebentar dan bukan juga waktu yang cukup lama, tapi selama ini saya sudah bisa merasakan adanya perbedaan antara INDONESIA dan JERMAN, mulai dari tempat tinggal, transportasi bahkan orang-orang yang saya temui.

Apakah saya akan membandingkannya ? tentu tidak karena Indonesia dan Jerman tentu sangat berbeda, setelah 4,5 tahun di Jerman tentu kembali ke Indonesia saya juga harus kembali menyesuaikan diri dengan Indonesia, karena ini di Indonesia bukan di Jerman lagi, dimana sistem tranportasi, kantor pemerintahan bahkan cara membuat janji dengan orang tentu berbeda. Kalau di Indonesia istilahnya..."ya sesuaikan dengan keadaan lah" HAHAHA.

6 bulan di Indonesia saya mulai terbiasa dengan kehidupan baru di sini, setelah mendarat akhir Desember 2016 lalu, saya sebelumnya juga sudah menyiapkan diri dengan perubahan yang akan saya temui...

Banyak yang berubah, banyak yang baru, banyak pula yang butuh proses....

InsyaAllah akan ada jalan yang menuju kebaikan, rencana masa depan menuju kesuksesan, Aamiin ya Rabb.


Liebe Grüße (k)

You Might Also Like

0 komentar